Selamat Datang di mi-akakom.blogspot.com Area Manajemen Informatika: LAPORAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PENGANTAR PERTEMUAN 2

menu

15 Jun 2012

LAPORAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PENGANTAR PERTEMUAN 2

PERTEMUAN KE-2

Control Accounts dan Default

Pada pertemuan kedua ini, hanya meneruskan materi pada pertemuan pertama. Sama seperti pada pertemuan yang pertama pada pertemuan kedua ini mahasiswa diajarkan cara menggunakan program akuntansi DacEasy Accounting, dan juga cara pengisian data perusahaan beserta akun akun yang digunakan.

Pembahasan

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

Ø Untuk memasukkan data perusahaan

· Klik view icon general leger atau gambar seperti buku

· Klik account card,isikan semua nama akun dank kode rekening akunnya dari tambahan soal praktikum seperti pada soal.

· Klik save untuk menyimpannya

Ø Membuat daftar Control Account

· Pilih menu default kemudian control account stelah itu kita isikan kode rekening akun mulai dari Account payable sampai Tax on purchase

· Kemudian klik ok.

· Kemudian buka kembali general manager hapus semua file bebahasa inggris kecuali Misposting dan Suspense setelah selesai klik close

Ø Langkah ke 3 adalah mensetting informasi umum yang terdapat 8 kotak isian

· Pilih menu default kemudian klik company preferences pilih system kemudian diganti dengan FIFO Costing klik ok

· Pada isi yang kedua pilih menu default pilih financial year kita isikan bulan dan tahunnya sesuai dengan soal yang ada January 2000

· Pada isian yang ketiga pilih menu default kemudian kita pilih Tax Code pilih T4 klik edit kita ganti 10 karena pajak yang ada diperusahaan adalah 10% kemudian klik ok.

Pilih default lagi klik currency kemudian kita mencari tempat yang kosong klik edit tuliskan rupiah Country Indonesia. Klik ok

· Pilih default selanjutnya kita pilih departments. Klik edit untuk merubah nama departemen menjadi jual beli produk teknologi dan Administrasi dan umum.klik ok

· Pilih default selanjutnya pilih product category kemudian klik edik lalu kita isikan kategori produk personal computer dan kamera digital lalu klik ok dan close

· Pilih default kemudian pilih fixed assets category kemudian pilih edit, isikan peralatan kantor , bangunan ,dan tanah kemudian klik ok ,close.

· pilih Defaults, kemudian pilih Customer Defaults, isi/pilih Departement dengan 5 pemasaran, isi Credit limit dengan angka 10000, Terms dengan 2/10-n/30, Payment duo dengan 30, Sett Days dengan 10,Sett Discount dengan angka 2, Sales Account dengan 410, Tax Code dengan T4 10, Currency dengan 19 rupiah, Discount dengan , Additional Disc dengan No additional.lalu klik Ok.

· pilih Default, kemudian pilih Vendor Default, kemudian isi/ pilih Departement 1 jual beli produk teknologi informasi, credit limit dengan 20000, Terms dengan 2/10 n/30, Payment Duo dengan 30, Selt Days dengan 5207, dan Tax Code dengan T4 10, dan yang terakhir Currency dengan 19 Rupiah, kemudian klik Ok.

Ø Memasukkan data customer

· Pilih icon category, pilih customer card.kemudian kita isikan kode customer dengan C01,nama customer dengan Toko Ceria,kemudian kita isikan credit limit dengan 250000 dan balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/00, inovoicing dengan 400. Begitupun dengan yang kedua.

Ø Memasukkan data vendor

· Pilih icon vendor, pilih customer card.kemudian kita isikan kode vendor dengan V01,nama vendor dengan PT.jaya,kemudian kita isikan credit limit dengan 300000 dan vendor balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/00, inovoicing dengan 5000.

Ø Memasukkan data product

Memasukan Produk hamper sama dengan memasukan data. Yaitu:

· Pilih Products pada Icon

· Pilih Products Card

· Description = Komputer pentium 4

· Product Code = P01 (bebas)

· Sales Price = 3500

· Re-Order Level = 5

· Re-Order Qty = 10

· Untuk Stock dan Cost diisi dari in cost

Ref diisi dengan O/B ,date diisi dangan 01/01/00 ,quality diisi dengan 3, cost diisi dengan 3000.

Begitu pen dengan pengisian selanjutnya seperti cara diatas.

Ø Transaksi pada bulan januari pengisiannya ;

· Transaksi pertama terjadi pada tanggal 3 Januari masuk ke tab invoicing karena perusahaan menjual secara tunai. Pada Amount paid diisi sama dengan total karena penjualan tunai. Pada transaksi tanggal 5 januari masuk ke Purchase Order karena perusahaan melakukan pemesanan. Jika terjadi penjualan maka akan masuk ke purchase order juga. Karena barang baru diterima pada tanggal 8 januari maka hilangkan tanda (unmark) PO yang berarti barang belum diterima. Kemudian print dengan memilih tab Financials – Trial balance.

Kesimpulan

Pada pertemuan kedua ini saya dapat simpulkan dengan adanya program DacEasy Accounting & Payroll 95 kita dipermudah untuk membuat laporan keuangan. Sehingga dapat mempermudah dalam penulisan transaksi keuangan pada sebuah perusahaan, dan menjadi lebih jelas. Meskipun bahasa yang digunakan program ini bahasa Inggris tetapi mudah dimengerti asal kita mau mempelajarinya. Hasil listing akan mengetahui hasil laporan rugi atau laba yang kita buat dan neraca saldo dimana pada perusahaan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan.

Listing

Terlampir.