Selamat Datang di mi-akakom.blogspot.com Area Manajemen Informatika: 06/15/12

menu

15 Jun 2012

LAPORAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PENGANTAR PERTEMUAN 5 dan 6




Download DacEasy modul 5 disini





PERTEMUAN 6

TRANSAKSI

TUJUAN

Mahasiswa di harap dapat mengetahui dan memahami cara pencatatan setiap transaksi yang terjadi.

PEMBAHASAN

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

Pada soal

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

Pada soal ini nama rekening harus dikelompokan kedalam category type agar lebih mudah setelah itu tinggal memasukkan data-data yang ada.

Pada soal ini yang termasuk

aktiva lancar :

· 111110 Kas 700000

· 111210 Biem Bank 300000

· 111310 Piutang dagang 400000

· 111410 Cadangan Kerugian Piutang

· 111420 Persediaan Dagangan 600000

· 111510 Biaya dibayar dimuka

Utang :

· 211110 Utang dagang 800000

· 211210 Utang pajak

· 211220 Pendapatan diterima dimuka

Modal :

· 311110 Modal 1200000

· 311210 Laba ditahan

Sales(pendapatan)

· 411110 Penjualan

· 411210 Potongan penjualan

· 411310 Pendapatan jasa

· 411410 Pendapatan lain-lain

Pembelian :

· 511110 HPP

· 511210 Biaya angkut

· 511310 Biaya pajak pembelian

· 511410 Potongan pembelian

Biaya operasi (Direct Expenses) :

· 511510 Biaya kerugian piutang

· 511550 Biaya lain-lain

· Untuk memasukkan data perusahaan klik icon general leger kemudian account card lalu kita isikan semua nama akun bank beserta kode rekening akunnya mulai dari rekening kas 111110 sampai ke suspense 999999.

· Membuat daftar Control Account kita masuk kedalam menu default control account lalu kita isikan kode akun pada mulai dari account payable sampai ke Tax On Purchase. Kemudian hapus semua file yamg berbahasa inggris.

· Langkah ke 3 adalah mensetting informasi umum yang terdapat 8 kotak isian

· Pilih menu default-company preferences pada system diganti dengan FIFO average(rata-rata).

· Pada isi yang kedua pilih menu default pilih financial year kita isikan bulan dan tahunnya January 2005

· Pada isian yang ketiga pilih menu default kemudian kita pilih Tax Code pada isian ini kita kosongkan karena pada perusahaan tidak mempunyai pajak.

Pilih default lagi klik currency kemudian kita mencari tempat yang kosong klik edit tuliskan rupiah Country Indonesia. Klik ok

· Default pilih departments. Pada departments ini kita masukkan Pemasaran dan Administrasi

· Defaul pilih product category kemudian kita isi dengan roda dan velg.

· Default kemudian pilih fixed assets category kemudian kita isikan mesin dan gedung.

· Defaults, pilih Customer Defaults, isi/pilih Departement dengan pemasaran, isi Credit limit dengan angka 500000, Terms dengan 2/10,n/30 , Tax Code dengan 0, Currency dengan Rupiah.

· Default, kemudian pilih Vendor Default, kemudian isi/ pilih Departement Administrasi, credit limit dengan 2000000, Terms dengan 5/20, n/30 , Payment Duo dengan 30, dan Tax Code dengan 0, dan yang terakhir Currency dengan Rupiah.

1. Memasukkan data customer

2. Pilih icon customer, costumer card.kemudian kita isikan kode customer dengan C-1,nama customer dengan PT. Damai,kemudian kita isikan credit limit dengan 500000 dan balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan saldo awal, Date diisi dengan 01/01/07, inovoice dengan 400000.

3. Memasukkan data vendor

· Pilih icon vendor, pilih vendor card.kemudian kita isikan kode vendor dengan V-1, nama vendor dengan PT.Vidi,kemudian kita isikan credit limit dengan 2000000 dan vendor balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan saldo awal, Date diisi dengan 01/01/07, inovoice dengan 800000.

4. Memasukkan data product

Pada data product pilih icon product dan pilih produck card.

v Description = LCD

v Product Code = P-1

v Sales Price = 80000

v Re-Order Level = 5

v Re-Order Qty = 10

v Untuk Stock dan Cost diisi dari in cost

Ref diisi dengan O/B ,date diisi dangan 01/01/07 ,quality diisi dengan 10, cost diisi dengan 60000.

5. Sebelum masuk kedalam transaksi terlebih dahulu kita buat COA pada general leger pilih chart of account dengan nama kita(YUSUP ANDI).pada category type kita isikan dengan pengelompokan mulai dari sales sampai ke capital dan reserves pada perusahaan.

6. Transaksi pada bulan januari 2005 pengisiannya ;

· Transaksi pertama terjadi pada tanggal 9 Januari kita menggunakan inovoicing-product inovoicing karena pada transaksi ini perusahaan menjual 6 unit LCD dengan kredit. 6 unit LCD berarti 6x80000=480000. Pada pemesanan barang ini tanda quate diberi tanda silang. Sebelumnya kita buat data customer baru dengan nama PT Jaya dengan kode cuctomer C-2.

· Sedangkan pada transaksi kedua tgl 14 Januari kita masuk bank untuk melakukan transaksi atas penerimaan angsuran dari PT Damai sebesar 200000.

· Transaksi pertama terjadi pada tanggal 19 Januari masuk ke tab invoicing pilih purchase order pilih purchase order entry kemudian isikan data transaksi dimana jumlah pesanan Printer qty nya adalah 10 Pada pemesanan barang ini tanda PO dihilangkan karena perusahan membeli secara kredit. Kemudian kita update leger.

Sebelumnya kita buat dulu vendor baru dengan nama PT Wijaya dengan kode V-2. Dan Data Produk baru dengan nama barang Printer, kode P-2 harga jual 70000.

· Transaksi berikutnya terjadi pada tanggal 20 Januari kita menggunakan inovoicing-product inovoicing karena pada transaksi ini perusahaan menjual 3 unit Printer dengan kredit. 3 unit LCD berarti 3x70000=210000. Pada pemesanan barang ini tanda quate diberi tanda silang.

· Pada transaksi terakhir tanggal 26 Januari kita menggunakan inovoicing-product inovoicing-product credit memo karena ada barang dikembalikan dari customer.

Pada praktikum diatas kita tidak menggunakan pajak sehingga kita tidak memakai taxcode.

KESIMPULAN

Setelah melakukan kegiatan pratikum pencatatan tiap transaksi yang terjadi,maka kita diharapkan dapat mengetahui dan memahami cara pencatatanse tiap transaksi yang terjadi. Bank digunakan untuk mencatat Pembayaran Pegawai dan Biaya Adminstrasi Bank. General Ledger utuk mencatat Menaikkan jumlah kas kecil dan Invoicing untuk mencatat Penjualan Tunai. Dan inovoicing-product inovoicing untuk transaksi penjualan kredit.

LISTING

TERLAMPIR




Download DacEasy modul 6 disini













LAPORAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PENGANTAR PERTEMUAN 4

PERTEMUAN KE-4

Vendor dan Produk

Pada pertemuan keempat ini mahasiswa diajarkan cara pengisian Data Pemasok (Vendor) dan data produk menggunakan program akuntansi DacEasy Accounting.

Data Pemasok (Vendor)

Cara mengisikan Data Pemasok (Vendor) adalah sebagai berikut:

a. Klik icon Vendor atau pilih Menu View-Vendor

b. Pilih icon Vendor Card

c. Isikan Data Pemasok (Vendor), isikan juga sekaligus saldo awal Utang kepada pemasok.

d. Tekan Save

e. Pilih Default

f. Isikan saldo awal piutang dengan cara klik icon O/B pada Vendor Balance sebelah kanan bawah pada Card

g. Isikan Data pemasok (Vendor) lainnya, isikan juga sekaligus saldo awal Utang

kepada pemasok yang lainnya.

Data Produk

Cara mengisikan Data Produk adalah sebagai berikut:

a. Klik icon Product atau pilih Menu View-Product

b. Pilih icon Product Card

c. Pilih Detail

d. Isikan data produk untuk Barang

e. Mencatat persediaan awal dengan cara: Pada Detail klik O/B pada in stock

f. Tekan Save

g. Isikan Data produk barang yang lain yang dimiliki oleh PT Kusuma Jaya.

h. Isikan data produk untuk Jasa

Pembahasan

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

1. Buka program DacEasy Acconting & Paypoll 95

2. Buat data perusahaan baru dengan file – new company

3. Isi bulan dan tahun pembukuan yaitu bulan Januari tahun 2007.

4. Setelah pembuatan data perusahaan selesai lalu inputkan no rekening dan nama rakening dengan klik menu bar General Ledger, Account Card, kemudian masukkan no rekening pada kode dan nama rekening pada nama, kemudian save.

5. Informasi umum menggunakan metode FiFO, ubah dengan cara klik Defaults pada menubar, Company Preferences, lalu System, ubah Inventory menjadi FIFO costing.

6. Departemen Pemasaran dan Administrasi, ubah dengan cara klik Defaults pada menubar, lalu pilih Departments, lalu edit menjadi Pemasaran dan Administrasi, lalu Close.

7. Kategori produk Monitor dan Printer, ubah dengan cara klik Defaults, lalu pilih Product Categories, lalu ubah menjadi Monitor dan Printer.

8. Kategori Aktiva Tetap Kendaraan dan Gedung, caranya klik icon Fixed Assets atau pilih Menu view-Fixed Assets Register, pilih icon Card, isikan Data, Pilih Save

9. Costumer Default, ubah dengan cara klik Defaults, lalu pilih Coustumer Default, lalu Costumer Card lalu masukkan datanya.

10. Vendor Default, ubah dengan cara klik Defaults, lalu pilih Vendor Default, lalu Vendor Card, lalumasukkan datanya.

11. Data Produk, klik View , Product, lalu Product Card lalu masukakn datanya.

Listing

Terlampir.



Download file dacEasy modul4 disini





































LAPORAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PENGANTAR PERTEMUAN 3

PERTEMUAN KE-3

Aktiva Tetap dan Customer

Pada pertemuan ketiga ini mahasiswa diajarkan cara menggunakan program akuntansi DacEasy Accounting dalam proses pengisian data Aktiva Tetap dan Coustumer.

Aktiva Tetap

Cara mengisikan Data Aktiva Tetap adalah sebagai berikut:

a. klik icon Fixed Assets atau pilih Menu view-Fixed Assets Register

b. pilih icon Card

c. Isikan Data

d. Pilih Save

e. Isikan Lanjutan Data

f. Pilih Save

g. Berikutnya isikan Data –data Aktifa tetap lain yang dimiliki perusahaan Yusup Andi P 113110095.

Data Pelanggan(Costumer)

Cara mengisikan Data Pelanggan(Costumer) adalah sebagai berikut:

a. Klik icon Costumers atau pilih Menu View-Costumers

b. Pilih icon Customer Card,kemudian pilih Card

c. Isikan Data pelanggan (Costumer), isikan juga sekaligus saldo awal pitang pelanggan.

d. Tekan Save

e. Pilih Default

f. Isikan saldo awal pitang dengan cara klik icon O/B pada Customer Balance sebelah

kanan bawah pada Card

g. Isikan Data pelanggan (Costumer) lainnya,isikan juga sekaligus saldo awal piutang

pelanggan yang lainnya.

Pembahasan

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

1. Buka program DacEasy Acconting & Paypoll 95

2. Buat data perusahaan baru dengan file – new company

3. Isi bulan dan tahun pembukuan yaitu bulan Januari tahun 2007.

4. Setelah pembuatan data perusahaan selesai lalu inputkan no rekening dan nama rakening dengan klik menu bar General Ledger, Account Card, kemudian masukkan no rekening pada kode dan nama rekening pada nama, kemudian save.

5. Informasi umum menggunakan metode FiFO, ubah dengan cara klik Defaults pada menubar, Company Preferences, lalu System, ubah Inventory menjadi FIFO costing.

6. Departemen Pemasaran dan Administrasi, ubah dengan cara klik Defaults pada menubar, lalu pilih Departments, lalu edit menjadi Pemasaran dan Administrasi, lalu Close.

7. Kategori produk Almari dan Meja, ubah dengan cara klik Defaults, lalu pilih Product Categories, lalu ubah menjadi Almari dan Meja.

8. Kategori Aktiva Tetap Kendaraan dan Gedung, caranya klik icon Fixed Assets atau pilih Menu view-Fixed Assets Register, pilih icon Card, isikan Data, Pilih Save

9. Costumer Default, ubah dengan cara klik Defaults, lalu pilih Coustumer Default, lalu Costumer Card lalu masukkan datanya.

10. Vendor Default, ubah dengan cara klik Defaults, lalu pilih Vendor Default, lalu Vendor Card, lalumasukkan datanya.

11. Data Produk, klik View , Product, lalu Product Card lalu masukakn datanya.

Listing

Terlampir.


file dacEasy modul 3 download disini
































LAPORAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PENGANTAR PERTEMUAN 2

PERTEMUAN KE-2

Control Accounts dan Default

Pada pertemuan kedua ini, hanya meneruskan materi pada pertemuan pertama. Sama seperti pada pertemuan yang pertama pada pertemuan kedua ini mahasiswa diajarkan cara menggunakan program akuntansi DacEasy Accounting, dan juga cara pengisian data perusahaan beserta akun akun yang digunakan.

Pembahasan

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

Ø Untuk memasukkan data perusahaan

· Klik view icon general leger atau gambar seperti buku

· Klik account card,isikan semua nama akun dank kode rekening akunnya dari tambahan soal praktikum seperti pada soal.

· Klik save untuk menyimpannya

Ø Membuat daftar Control Account

· Pilih menu default kemudian control account stelah itu kita isikan kode rekening akun mulai dari Account payable sampai Tax on purchase

· Kemudian klik ok.

· Kemudian buka kembali general manager hapus semua file bebahasa inggris kecuali Misposting dan Suspense setelah selesai klik close

Ø Langkah ke 3 adalah mensetting informasi umum yang terdapat 8 kotak isian

· Pilih menu default kemudian klik company preferences pilih system kemudian diganti dengan FIFO Costing klik ok

· Pada isi yang kedua pilih menu default pilih financial year kita isikan bulan dan tahunnya sesuai dengan soal yang ada January 2000

· Pada isian yang ketiga pilih menu default kemudian kita pilih Tax Code pilih T4 klik edit kita ganti 10 karena pajak yang ada diperusahaan adalah 10% kemudian klik ok.

Pilih default lagi klik currency kemudian kita mencari tempat yang kosong klik edit tuliskan rupiah Country Indonesia. Klik ok

· Pilih default selanjutnya kita pilih departments. Klik edit untuk merubah nama departemen menjadi jual beli produk teknologi dan Administrasi dan umum.klik ok

· Pilih default selanjutnya pilih product category kemudian klik edik lalu kita isikan kategori produk personal computer dan kamera digital lalu klik ok dan close

· Pilih default kemudian pilih fixed assets category kemudian pilih edit, isikan peralatan kantor , bangunan ,dan tanah kemudian klik ok ,close.

· pilih Defaults, kemudian pilih Customer Defaults, isi/pilih Departement dengan 5 pemasaran, isi Credit limit dengan angka 10000, Terms dengan 2/10-n/30, Payment duo dengan 30, Sett Days dengan 10,Sett Discount dengan angka 2, Sales Account dengan 410, Tax Code dengan T4 10, Currency dengan 19 rupiah, Discount dengan , Additional Disc dengan No additional.lalu klik Ok.

· pilih Default, kemudian pilih Vendor Default, kemudian isi/ pilih Departement 1 jual beli produk teknologi informasi, credit limit dengan 20000, Terms dengan 2/10 n/30, Payment Duo dengan 30, Selt Days dengan 5207, dan Tax Code dengan T4 10, dan yang terakhir Currency dengan 19 Rupiah, kemudian klik Ok.

Ø Memasukkan data customer

· Pilih icon category, pilih customer card.kemudian kita isikan kode customer dengan C01,nama customer dengan Toko Ceria,kemudian kita isikan credit limit dengan 250000 dan balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/00, inovoicing dengan 400. Begitupun dengan yang kedua.

Ø Memasukkan data vendor

· Pilih icon vendor, pilih customer card.kemudian kita isikan kode vendor dengan V01,nama vendor dengan PT.jaya,kemudian kita isikan credit limit dengan 300000 dan vendor balancenya dimana untuk pengisian untuk saldo piutang Ref diisi dengan O/B, Date diisi dengan 01/01/00, inovoicing dengan 5000.

Ø Memasukkan data product

Memasukan Produk hamper sama dengan memasukan data. Yaitu:

· Pilih Products pada Icon

· Pilih Products Card

· Description = Komputer pentium 4

· Product Code = P01 (bebas)

· Sales Price = 3500

· Re-Order Level = 5

· Re-Order Qty = 10

· Untuk Stock dan Cost diisi dari in cost

Ref diisi dengan O/B ,date diisi dangan 01/01/00 ,quality diisi dengan 3, cost diisi dengan 3000.

Begitu pen dengan pengisian selanjutnya seperti cara diatas.

Ø Transaksi pada bulan januari pengisiannya ;

· Transaksi pertama terjadi pada tanggal 3 Januari masuk ke tab invoicing karena perusahaan menjual secara tunai. Pada Amount paid diisi sama dengan total karena penjualan tunai. Pada transaksi tanggal 5 januari masuk ke Purchase Order karena perusahaan melakukan pemesanan. Jika terjadi penjualan maka akan masuk ke purchase order juga. Karena barang baru diterima pada tanggal 8 januari maka hilangkan tanda (unmark) PO yang berarti barang belum diterima. Kemudian print dengan memilih tab Financials – Trial balance.

Kesimpulan

Pada pertemuan kedua ini saya dapat simpulkan dengan adanya program DacEasy Accounting & Payroll 95 kita dipermudah untuk membuat laporan keuangan. Sehingga dapat mempermudah dalam penulisan transaksi keuangan pada sebuah perusahaan, dan menjadi lebih jelas. Meskipun bahasa yang digunakan program ini bahasa Inggris tetapi mudah dimengerti asal kita mau mempelajarinya. Hasil listing akan mengetahui hasil laporan rugi atau laba yang kita buat dan neraca saldo dimana pada perusahaan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan.

Listing

Terlampir.

LAPORAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PENGANTAR PERTEMUAN 1

PERTEMUAN KE-1

DATA PERUSAHAAN DAN AKUN

Pada pertemuan pertama ini, mahasiswa diajarkan menggunakan program akuntansi DacEasy Accounting, dan juga cara pengisian data perusahaan beserta akun akun yang digunakan.

Pembahasan

Ø Buka program DacEasy Accounting & Payroll 95

Ø Buat data perusahaan dengan klik File – New Company, kemudian klik Next.

Buatlah kode akun tersendiri untuk (nama perusahaan), kemudian tetapkan struktur akun tersebut sebagai struktur akun default kemudian Untuk mengisikan kode rekening klik icon general ledger atau pilih view – general ledger. Kemudian pada menu General Ledger, klik icon Chart of Account. Klik tombol Add untuk mengisikan judul dari struktur kode akun. Kemudian pilih table Category Type yang digunakan untuk mengisikan kelompok-kelompok akun. Pilih table Category Account digunakan untuk mengisi rincian sub kelompok.

TAMBAHAN SOAL PRAKTIKUM

Pada soal ini nama rekening harus dikelompokan kedalam category type agar lebih mudah setelah itu tinggal memasukkan data-data yang ada.

Aktiva Lancar

· 1111 Kas 5000

· 1121 Bank Danamon 3000

· 1131 Piutang dagang 1000

· 1141 Persediaan dagangan 9000

· 1142 Cadangan kerugian piutang

· 1151 Biaya dibayar dimuka

Utang

§ 2111 Utang dagang 5000

§ 2121 Utang pajak

§ 2122 Pendapatan diterima dimuka

§ 9998 Mispostings

§ 9999 Suspenses

Modal

§ 3111 Modal 13000

§ 3121 Laba ditahan

Pendapatan

§ 4111 Penjualan

§ 4121 Potongan penjualan

§ 4131 Pendapatan jasa

§ 4141 Pendapatan lain-lain

Pembelian

§ 5111 HPP

§ 5121 Biaya angkut

§ 5131 Biaya pajak pembelian

§ 5141 Potongan pembelian

Biaya

§ 5151 Biaya kerugian piutang

§ 5155 Biaya lain-lain

Ø Isikan Akun untuk (nama perusahaan) tanpa menghapus akun yang telah ditetapkan oleh DacEasy Accounting & Payrol95. Untuk mengisikan akun –akunnya tidak perlu memperdulikan akun yang telah ditetapkan oleh DacEasy Accounting Payrol95. Jika kode akun tersebut ternyata sama dengan akun yang telah ditetapkan DacEasy Accounting & Payroll95, maka bisa mengganti deskripsinya secara langsung dengan cara mengisikan rincian akun :

· Klik icon General Ledger atau pilih View – General Ledger

· Kemudian klik Account Card disisi paling kiri.

· Pada isian Kode , isikan kode akun kemudian tekan TAB

· Pada isian Name, isikan nama akun kemudian klik save di kiri bawah

Periode akun biasanya diawali awal bulan.pada akuntansi ini ada 2 periode akun 12 bulan dan 13 bulan(perusahaan menambahkan periode,dari januari sampai januari)

Kesimpulan

Pada pertemuan pertama ini saya dapat simpulkan dengan adanya program DacEasy Accounting & Payroll 95 kita dipermudah untuk membuat laporan keuangan. Meskipun bahasa yang digunakan program ini bahasa Inggris tetapi mudah dimengerti asal kita mau mempelajarinya.

Listing

Terlampir.